Home Daerah KURMA SEBAGAI TANAMAN MASA DEPAN SEKALIGUS PENINGKATAN EKONOMI

KURMA SEBAGAI TANAMAN MASA DEPAN SEKALIGUS PENINGKATAN EKONOMI

84 views
0
SHARE

LAMPUNG TIMUR, – Memiliki masa depan yg cerah serta ekonomi menunjang dihari tua adalah dambaan setiap insan,sebenarnya semua itu bukan suatu yg mustahil tinggal niat dan kemauan masing-masing individu.

Tim sepuluhdetik.com saat berkunjung dikediaman saudara rahmat yg sekaligus penggiat tanaman kurma diLampung Timur menyampaikan ” kurma adalah tanaman jawaban masa depan,sebab sekali tanam kita bisa panen terus menerus hingga 90 tahun kedepan,disamping itu kurma adalah termasuk komuditi baru diwilayah tropis yg sudah mendapat pengakuan kementrian pertanian melalui dinas perkebunan pada februari 2019.

Saat ditanya tim apakah kurma cocok diiklim seperti diLampung ini,beliau menjawab “kurma adalah jenis tanaman yg cocok disemua lahan,mau lahan kering,sedang atau basah semua biasa,dataran tinggi sedang dan rendah tidak ada masalah ” ujarnya.

Tim juga menemui saudara bambang yg sudah menanam setengah hektar kurma beliau menjelaskan “saya menanam kurma dikecamatan pasir sakti ini yg jelas,saya pengen punya masa depan yg lebih baik,sebab sepasang pohon kurma nilai ekonomisnya sama dengan satu hektar sawit,disamping itu kurma bisa merestorasi lahan rusak,menahan abrasi dan mengurangi pemanasan global,namun yg lebih utama saya pengen punya wisata perkebunan kurma seperti dipasuruan jawa timur ” tutupnya.

Berdasarkan keterangan nara sumber tim menggaris bawahi kurma adalah tanaman yg perlu dikembangkan dan terus disosialisasikan kesemua pihak sebagai tanaman penjawab tantangan ekonomi.

Reporter: (TIM)